Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMPN 1 Praya Barat Melalui Model Pembelajaran Talking Stick

Sri Wahyuningsih

Abstract


Hasil belajar siswa di SMPN 1 Praya Barat belum mencapai nilai kriteria kelulusan minimal pada pebelajaran Bahasa Inggris disebabkan kurang tepatnya memilih model pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick  di kelas VII SMPN 1 Praya Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus 1 yaitu 76%, dan mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu 83%. (2) aktifitas siswa pada siklus 1 yaitu 68%, pada siklus 2 meningkat yaitu 78% (3) Ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 67,7%, dan meningkat pada siklus 2 sebesar 87,1%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Talking Stick  sangat cocok digunakan pada pembelajaran Bahasa Inggris dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Praya Barat.


Keywords


Talking Stick, Hasil Belajar, Bahasa Inggris.

Full Text:

PDF

References


Aningrum, A. A., & Suratman, B. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Komunikasi Kelas X Apk1 Di Smk Negeri 2 Nganjuk. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), 2(2).

Ayuningtyas, A. D., Setiawan, W., & Damayanti, T. (2012). Hubungan Kredibilitas Native Speaker Pada Program Dynamic Speaking Dengan Sikap Siswa Pada Bahasa Inggris. EJurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran, 1(1), 1-10.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rinneka Cipta

Fauzia, S. N. (2021). Analisis penerapan metode tanya jawab dalam perkembangan bahasa anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).

Fajri, N., Yoesoef, A., & Nur, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan strategi joyful learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII MTsN Meuraxa Banda Aceh. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 1(1).

Febriyanti, E. R. (2018). Identifikasi analisis kebutuhan pembelajar bahasa inggris (non program studi bahasa Inggris) pada mata kuliah bahasa Inggris ESP di lingkungan FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Vidya Karya, 32(2), 123-138.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Jakarta: Kata Pena, 71-72.

Kustanti, D., & Prihmayadi, Y. (2017). Problematika budaya berbicara bahasa Inggris. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 14(1), 161-174.

Maisyarah, M. (2021). Penerapan Metode Learning Start With A Question Dan Talking Stick dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas IV MIS Al Amin (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Megawati, N. M. P., Suarni, N. K., & Sulastri, M. (2013). Penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).

Munadzdzofah, O. (2018). Pentingnya Bahasa Inggris, China, dan Jepang Sebagai bahasa Komunikasi Bisnis di era Globalisasi. VOCATIO: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Dan Sekretari, 1(2), 58-73.

Novitasari, R. P. (2021). Implementasi Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Min 6 Ponorogo tahun ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Puspitawangi, K. R., Wibawa, I. M. C., & Pudjawan, K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

Reza, I. (2018). Penerapan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V MIN 12 Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Rimawati, R., & Haryanto, S. (2017). Penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stik motivasi dan prestasi belajar. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 103-114.

Rofi’ah, N., & Makruf, A. (2020). Implementasi Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mu’allim, 2(1), 29-42.

Siregar, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar dan aktivitas visual siswa pada konsep sistem indra. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 3(2), 100-106.

Suhardiana, I. P. A. (2018). Model Pembelajaran Talking Stick Sebagai Pendukung Penguasaan English Vocabulary Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

___________ (2019). Peran teknologi dalam mendukung pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 92-102.

Yenni, E. (2020). Penggunaan Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Keterampilan Retorika dan Public Speaking Bagi Siswa SMA di Kota Binjai. Diakses dari pada, 21 Mei 2021.




DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v3i02.225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.