Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VIII/BI Tunarungu SLB Negeri 1 Lombok Barat

Sari Mayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan flash card untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa tunarungu kelas VIII/B SLB Negeri 1 Lombok Barat  Tahun Pelajaran 2021/2022. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi,tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang diawali dengan studi pendahuluan. Selama penelitian berlangsung peneliti menemukan bahwa pada pra siklus, tingkat kemampuan penguasaan kosakata siswa masih rendah yaitu 51.25%  dalam rentang 40%- 55%. Pada siklus I setelah siswa diberi tindakan dengan penggunaan flash card, tingkat kemampuan siswa meningkat menjadi 59,9% dan masuk pada kriteria sedang (56%-75%).Pada siklus II setelah siswa diberi tindakan berdasarkan pengamatan pada siklus I kemampuan penguasaan kosakata siswa meningkat menjadi 81,3 % sehingga masuk dalam kriteria tinggi (76%-100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan flash card dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan penguasaan kosakata.


Keywords


Kemampuan Penguasaan Kosakata, Anak Tunarungu, Media Flash Card.

Full Text:

PDF

References


Akiriningsih, T., & Sari, J. A. (2010). Manfaat Flash Card Bagi Anak Usia Dini Dalam Penguasaan Bahasa Inggris. Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(2), 33-38.

Arikunto & Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Fadhli, A. (2010). Buku pintar kesehatan anak. Pustaka Anggrek.

Hikmawati, H. (2020). Penerapan Media Flash Card Dalam Memotivasi Peserta Didik Menghafal Mufradat (Kosa Kata) Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas II Di MI Alkhairaat Lumbutarombo Kecamatan Banawa Selatan Kab. Donggala (Doctoral dissertation, IAIN Palu).

Kristiawan, M., Nipriansyah, N., Yanti, F. A., & Viona, E. (2022). Penulisan dan publikasi penelitian tindakan kelas bagi guru. Jurnal Basicedu, 6(1), 95-101.

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137.

Rahmahtrisilvia, R. (2010). Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Perilaku Tantrum Pada Anak Autistik. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 1-10.

Richards, Jack C, Willy A. Renandya. (2002). Methodology in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Sadiman, A. S. (2006). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Bandung: Alni Prees

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta

Suparno. (2001). Pendidikan Anak Tunarungu (Pendekatan Orthodikdaktik). Diktat Kuliah. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Yogyakarta

Suyadi.(2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Setiawati, N. L. M., Dantes, D. N., Candiasa, D. I. M., & Komp, M. I. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Flash Card Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI SDLBB Negeri Tabanan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1).

Utami, F., Rukiyah, R., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan media flashcard berbasis augmented reality pada materi mengenal binatang laut. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718-1728.

Webster, P. J. (1972). Response of the tropical atmosphere to local, steady forcing. Monthly Weather Review, 100(7), 518-541.




DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v4i01.223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.