Menggunakan Independent Task untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan Siswa pada Siswa Kelas Satu Dari SMAN 1 Janapria
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan dari Independent Task dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di SMAN 1 Janapria tahun ajaran 2021/2022 atau tidak. Penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan tentang "apakah penggunaan Independent Task dapat meningkatkan kemampuan menjawab siswa kelas I di SMAN 1 Janapria tahun ajaran 2021/2022? Peneliti menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) melalui pendekatan qualitatif dan quantitatif. penelitian ini dilaksanakan dalam 4 tindakan: planning, acting, observing, dan reflecting. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari pretest dan posttest dengan standar kelulusan maksimal 80, peneliti melakukan observasi dengan menggunakan Independent Task untuk mengobservasi kegiatan pemahaman membaca siswa. Dan memberikan angket kepada siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap proses belajar dan mengajar dengan menggunakan Independent Task. Untuk menganalisa data, peneliti memberikan beberapa jenis tes dalam bentuk pilihan ganda, true/false, matching dan fill in the blank pada siswa untuk mengetahui nilai siswa, nilai rata-rata, dan persentase dari nilai siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan membaca siswa dapat diketahui melalui perbandingan skor rata-rata dari pretest dan posttest. Skor rata-rata pretest adalah 50,1 dengan presentase ketuntasan dalam belajar 8%, sedangkan skor rat-rata dari posttest adalah 80,3 dengan presentase ketuntasan dalam belajar 92%. Skor posttest siswa digunakan untuk mengukur peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan Independent Task.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, R. C., Wilson, P. T., & Fielding, L. G. (1988). Growth in reading and how children spend their time outside of school. Reading research quarterly, 285-303.
Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Revisi Edisi 2010, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ary, D., Beruntung, C. J dan Asghar, R. (2002). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. London: Wardsworth. Thomson Belajar.
Bages, & Sumarsono. (2014). Pemahaman Bacaan. Selebaran. Tidak diterbitkan, IKIP Mataram.
Chotari, C. R. (2004). Metodologi Penelitian Metode dan Teknik Edisi Revisi Kedua. New Delhi: New Age International (P) Terbatas.
Greaney, V. (1980). Factors related to amount and type of leisure time reading. Reading Research Quarterly, 337-357.
Coklat, H. D. (2003). Prinsip Penilaian Bahasa dan Praktik Kelas. San Francisco: Addison Wesley Longman, Inc.
Johar, R., & Hanum, L. (2016). Strategi belajar mengajar. Deepublish.
Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (2019). Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. Cv. Ae Media Grafika.
Klingner, Vaughan dan Boardman A. (2007). Mengajarkan Pemahaman Membaca kepada Siswa dengan Kesulitan Belajar. New York: Guilford.
Kemmis, S. (2006). Participatory action research and the public sphere. Educational action research, 14(4), 459-476.
Krashen, S. D. (1993). Kekuatan Membaca: Wawasan dari Penelitian. Englewood, Colorado.: Perpustakaan Tidak Terbatas.
Morrow, J. D. (1991). Alliances and asymmetry: An alternative to the capability aggregation model of alliances. American journal of political science, 904-933.
Rozali, I. (2005). Studi Empiris Perbaikan Quality Of Service dengan DiffServ dan MPLS pada Jaringan IP. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Sutami, H. (2013). Kekhasan pengajaran bahasa Mandarin di Indonesia. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 9(2), 6.
Snow, C. (2002). Reading for understanding: Toward an R&D program in reading comprehension. Rand Corporation.
Searls, E. F. (1985). How to Use WISC-R Scores in Reading/Learning Disability Diagnosis. Revised Edition. Reading Aids Series, IRA Service Bulletin. International Reading Association, 800 Barksdale Rd., Box 8139, Newark, DE 19714.
Wakhidah, N. (2012). Keterampilan membaca dan menulis dalam meningkatkan berpikir kritis dan literasi sains. Bandung: Alfabet.
DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v4i01.221
Refbacks
- There are currently no refbacks.