Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa SMA Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning

Arwan Arwan, Abas Oya

Abstract


Penelitian ini mengangkat permasalahan peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa SMA Negeri 2 Lambu menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis peningkatan menulis atau memproduksi teks eksplanasi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada metode deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari aktivitas peserta didik atau siswa di sekolah. Selain itu, penelitian ini mengguakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk melakukan observasi data di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi yaitu dari 36 siswa, sebanyak 28 siswa telah memenuhi standar yang ditetapkan. Dengan demikian terjadi kenaikan sebesar 33.3% dari hasil yang dicapai pada pertemuan pertama. Hal itu menunjukan bahwa model PjBL sangat tepat digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi. Model PjBL dapat memaksimalkan kemampuan siswa dalam mencapai standar ketuntasan menulis teks eksplanasi. Sebelum model PjBL diterapkan nilai rata-rata kelas tidak memenuhi KKM yang ditentukan, yaitu 75. Setelah penerapan model PjBL pada siklus II terjadi peningkatan

Keywords


Teks, Menulis, Eksplanasi, Model PjBL

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2007). Analisis eksistensial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Barwick, J. (2007). Targetting text: photocopiable unit based on english text types: information reports, explanations, discussion: upper level. Australia: Blake Education.

Djamarah, Z. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Faznur, L. S. & Khaerunisah, S. A. (2020). Aplikasi kahoot sebagai media dalam evaluasi pembelajaran bahasa indonesia pada guru sma di sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2), 40-44.

Kemdikbud. (2013). Permendikbud N0.66 tentang standar penilaian penilaian. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kodir, A. (2018). Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: CV Pustaka.

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sunardi, S. (2017). Sumber Belajar Calom Peserta Program PLPG. Jakarta: Kementrian dan Kebudayaan Jenderal guru dan Tenaga Pendidikan.

Suyanto. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: BP3SD, Dirjen Dikti, Depdikbud.

Wardiani R., & Mulyaningsih I. (2015). Kemampuan menulis deskripsi (studi kasus di pondok pesantren nuurusshiddiiq, Cirebon. Indonesian Language Education and Literature, 1(1), 1-16.

Warsono, H. (2012). Pembelajaran aktif teori dan asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wartiningsih, et al. (2019). Pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMAS mujahidin pontianak tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1-11.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v4i01.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.