Pelatihan Pembuatan Alat Peraga IPA Sederhana Pada Guru MGMP IPA di Kecamatan Ambalawi

Fifi Sanjaya, Muhammad Yani, Sarfiah Sarfiah, Rosmeri Rosmeri, Anita Anita

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru IPA dalam membuat dan memanfaatkan alat peraga sederhana yang dapat mendukung proses pembelajaran. Sasaran kegiatan adalah 15 guru MGMP IPA Rayon Ambalawi yang dibagi ke dalam 5 kelompok, masing-masing terdiri dari 3 orang. Kegiatan dilaksanakan di Aula SMPN 1 Ambalawi selama satu bulan, mulai 1 Mei hingga 30 Mei 2025. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan pembuatan alat peraga IPA sederhana dari bahan-bahan yang mudah diperoleh. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam merancang, membuat, dan memanfaatkan alat peraga secara kreatif untuk menjelaskan konsep-konsep IPA. Guru juga menunjukkan antusiasme tinggi dan mulai menerapkan hasil pelatihan pada pembelajaran di kelas. Kegiatan ini diharapkan dapat berkelanjutan sehingga berdampak positif terhadap kualitas pembelajaran IPA di sekolah masing-masing.

Keywords


Pelatihan; Alat Peraga IPA; Guru MGMP.

Full Text:

PDF

References


Ananda, R., & Hadi, W. (2021). Penggunaan media pembelajaran sederhana berbasis bahan lokal untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 145–152. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.12345

Arsyad, A. (2020). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Lestari, I. (2020). Pemanfaatan alat peraga IPA berbasis bahan lokal untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(1), 55–63. https://doi.org/10.1234/jip.v12i1.6789

Paivio, A. (1986). Mental representations: A dual coding approach. Oxford University Press.

Piaget, J. (1973). To understand is to invent: The future of education. Grossman Publishers.

Rahmawati, D., Sari, M., & Pratama, R. (2022). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis bahan lokal untuk guru sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 210–218. https://doi.org/10.31932/jpm.v4i3.3456

Dewi, S. P., & Suryaningsih, W. (2020). Penerapan media model sistem peredaran darah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 145–153. https://doi.org/10.xxxx/jpsi.v8i2.12345

Hidayat, R., Pramono, D., & Lestari, T. (2019). Pemanfaatan kincir angin mini untuk pembelajaran energi terbarukan di sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 50–59. https://doi.org/10.xxxx/jppm.v4i1.1123

Kurniawan, A., Sulastri, & Rahmawati, D. (2021). Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Abdimas Nusantara, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.xxxx/jan.v2i1.2231

Nugroho, E., & Hartati, S. (2021). Pengaruh praktikum rangkaian listrik sederhana terhadap keterampilan proses sains siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 17(1), 10–19. https://doi.org/10.xxxx/jpfi.v17i1.3342

Prasetyo, D., Widodo, S., & Anwar, M. (2020). Penerapan media kincir angin mini untuk pembelajaran konversi energi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 120–128. https://doi.org/10.xxxx/jipf.v9i3.2110

Rahayu, L., & Purnomo, H. (2020). Penerapan papan miring untuk pembelajaran konsep percepatan dan gaya gravitasi. Jurnal Pendidikan Sains, 8(1), 60–68. https://doi.org/10.xxxx/jps.v8i1.1983

Santosa, I., Rahman, F., & Putri, D. (2020). Rangkaian listrik sederhana berbasis LED untuk pembelajaran aman di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 80–89. https://doi.org/10.xxxx/jtp.v22i2.2987

Sari, M., & Putra, R. (2019). Penggunaan periskop sederhana untuk pembelajaran pemantulan cahaya. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya, 5(2), 85–92. https://doi.org/10.xxxx/jpfa.v5i2.1675

Wahyuni, L., Utami, S., & Nugraha, R. (2021). Pengembangan model peredaran darah berbasis pipa transparan. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 7(2), 95–104. https://doi.org/10.xxxx/jpbi.v7i2.2212

Wulandari, D., Saputra, Y., & Marlina, L. (2021). Pemanfaatan bahan lokal untuk alat peraga pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.xxxx/jipf.v5i1.2391




DOI: https://doi.org/10.56842/diyamas.v1i2.668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.