Pendampingan Pembuatan Media Ajar Interaktif pada Mahasiswa Pendidikan IPA STKIP Harapan Bima

Ewisahrani Ewisahrani, Sifia Nurwati, Fifi Sanjaya

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA STKIP Harapan Bima dalam membuat media ajar interaktif yang inovatif dan relevan dengan perkembangan teknologi pembelajaran. Pelaksanaan dilakukan pada tanggal 20 Maret s.d. 20 April 2025, diikuti oleh 20 mahasiswa. Metode pelaksanaan meliputi tahap persiapan (analisis kebutuhan dan penyusunan modul pelatihan), tahap pelaksanaan (workshop pembuatan media ajar interaktif menggunakan aplikasi berbasis digital), dan tahap pendampingan (bimbingan intensif dalam menyelesaikan produk media ajar). Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan mahasiswa dalam mendesain media ajar berbasis interaktif, terlihat dari kemampuan mereka menghasilkan produk dengan tampilan visual menarik, navigasi yang jelas, dan konten yang sesuai dengan kurikulum IPA SMP/MTs. Kesimpulannya, pendampingan ini efektif dalam membekali mahasiswa keterampilan teknis dan kreatif untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih aktif dan partisipatif

Keywords


Pendampingan; Media Ajar Interaktif; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Cahyani, N., & Wibawa, S. (2019). Peningkatan motivasi belajar IPA melalui penggunaan media interaktif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 66–74. Universitas Negeri Semarang. https://proceeding.unnes.ac.id/snpptk/article/download/3200/2665/7523

Hasibuan, S. H., Ritonga, S., Ritonga, S. A., & Yulizar, I. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Ips Siswa Di Kelas 5 Mis Harisma Pulo Padang. Qalam lil Mubtadiin, 3(1). https://doi.org/10.58822/qlm.v3i1.260

Hasman, A. M., Nadrah, N., & Tahir, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Media Interaktif Digital Berbasis Chatbot Pada Siswa Kelas IV 2 Upt Sd Negeri 8 Binamu Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 01-25. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i2.770

Herianto, H., & Lestari, D. P. (2021). Implementasi teori konstruktivisme dalam pembelajaran IPA melalui pemanfaatan bahan ajar elektronik. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(1), 49-57. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i1.38024

Mulyadi, A., & Kusmiyati, K. (2024). Pemanfaatan media interaktif untuk meningkatkan keterampilan dasar siswa sekolah dasar. Jurnal Citra Dharma Pendidikan, 8(1), 33–44. https://doi.org/10.56480/maktab.v3i3.1202

Rahma, J., & Nawir, M. (2024). Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Satap Pulau Masalima Liukang Kalmas Kabupaten Pangkep. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 302-312. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.3839

Serlinawati, S., & Trisnawati, W. (2024). Peran Motivasi Belajar Pada Hubungan Kemandirian Belajar Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis. Jurnal Nakula Pendidikan, 7(2), 88–97. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i5.1053

Sriashita, S., Nurhayati, D., & Wahyuni, S. (2025). Pengembangan media interaktif berbasis Canva pada mata kuliah Tata Rias. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan, 5(1), 77–88. https://doi.org/10.31004/jerkin.v4i1.1615

Usman, A., Rahman, R., & Siregar, D. (2025). Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap motivasi belajar mata pelajaran Ekonomi. Jurnal Sadewa Pendidikan Ekonomi, 6(1), 100–112.




DOI: https://doi.org/10.56842/diyamas.v1i2.667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.