Pendampingan Pembuatan Video Promosi Wisata Alam Madapangga Sebagai Strategi Branding Pariwisata Lokal Berkelanjutan
Abstract
Desa Ndano Kecamatan Madapangga merupakan salah satu desa dari sebelas desa yang ada di Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Dompu. Banyaknya obyek wisata sehingga membuat wisatawan atau orang-orang kesusahan untuk mengetahui objek wisata madapangga, Berdasarkan hasil pengamatan penulis, wisata alam madapangga masih susah untuk dicari, Video Promosi Berbasis Motion Graphics ditujukan untuk promosi yang cukup bagus dengan durasi singkat, dibuat dalam konteks yang berisi dan padat, mudah dimengerti dan merangkum seluruh isi informasi yang akan ditayangkan. Dalam Rancangan Video Promosi wisata menggunakan Metode pengembangan multimedia Luther Sutopo. Adapun tahapannya adalah Konsep (Concept), Perancangan (Design), Pengumpulan bahan (Material collecting), Pembuatan (Assembly), Uji Coba (Testing), Distribusi (Distribution). Hasil atau keluaran yang akan dicapai yaitu dihasilkannya Video Promosi Wisata Alam Madapangga yang dikemas dalam media penyimpanan DVD/CD dan media sosial seperti blogspot, facebook dan youtube. Kesimpulan yang dapat diambil dari pembuatan Rancangan Video promosi wisata madapangga berbasis Motion Graphics dapat disimpulkan bahwa Telah dibuat sebuah Rancangan Video Promosi Wisata Alam Madapangga menggunakan Adobe Affetr Effect Cc 2015, Video Promosi Wisata alam Madapangga dapat membantu pengguna untuk mendapatkan informasi Wisata alam Madapangga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ani, N., Rohyani, I. S., Sukenti, K., Aryanti, E., Biologi, P., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2018). Potensi Pemanfaatan Tumbuhan Obat Oleh Masyarakat di Taman Wisata Alam Madapangga (Studi Kasus : Desa Ndano, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat).
Asti Adi Anti, Hamidillah Ajie, & Diat Nurhidayat. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Motion Graphic Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Untuk Peserta Didik Program Keahlian Multimedia Di Smk N 45 Jakarta. PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 7(1), 37–42. https://doi.org/10.21009/pinter.7.1.5
Azizah, L. H., & Ilyas. (2023). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Digital Di Desa Tingkir Lor. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(93), 1681–1696.
Masyhuri, M. F., Mirza, Y., & Ami, H. (2024). Implementasi Desain Template Konten Youtube Dengan Teknik Motion Graphic Pada PT Travelogin Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Teknologi Informatika Multimedia Digital, 1(3), 101-108. https://doi.org/10.5281/zenodo.14277574
Nanda, S. B., Setyawan, M., & Wenas, M. B. (2025). Perancangan Video Promosi Tinctori Sebagai Media Promosi dengan Penerapan Marketing 5 . 0. 2.
Penerapan, J., Informasi, T., Komunikasi, T., & Anak, B. (2023). It-Explore Perancangan Video Motion Graphic Sebagai Media. 02, 118–137.
Rahadianti, A., Setiawan, B., Rahman Yani, A., & Dunia Maya, P. (2024). Perancangan Motion Graphic Bahaya Perundungan Dunia Maya Sebagai Media Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Pertama Kata kunci. 7, 5210–5216. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Ulya, A. F., Sugeha, A. Z., Mamut, J. F., & Wijaya, D. B. (2024). Optimalisasi penggunaan media sosial sebagai sarana promosi wisata Coban Lanang. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 201. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v7i2.1994
Valentino, K., Nugroho, J. A., & Darmo, B. (2022). Perancangan Motion Graphic Science Show 2020 Tentang Pengenalan Spesies Baru. Visual, 17(1), 1–9. https://doi.org/10.24912/jurnal.v17i1.17311
Zega, I. D., Ziliwu, D., & Lase, N. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Web Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 430–439. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.60
DOI: https://doi.org/10.56842/diyamas.v1i2.642
Refbacks
- There are currently no refbacks.