Penguatan Literasi Budaya dan Karakter Anak Melalui Lomba 17 Agustus Tematik Berbasis Nilai-Nilai Nasionalisme dan Kreativitas

Sri Suryaningsih, Arwan Arwan, Abdul Haris, Abas Oya, Andi Supriadin, Ika Purnamasari

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter dan literasi budaya pada anak-anak usia dini hingga sekolah dasar melalui lomba 17 Agustus tematik di Desa Palama, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima. Permasalahan utama mitra adalah minimnya ruang partisipatif dan edukatif dalam pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan, yang umumnya hanya bersifat seremonial. Metode pelaksanaan terdiri atas lima tahap: perencanaan, sosialisasi, persiapan teknis, pelaksanaan lomba, dan refleksi internal. Jenis lomba yang diselenggarakan meliputi cosplay pahlawan nasional, tari tradisional, dan menggambar menggunakan gabus. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anak-anak mampu mengenal tokoh nasional, mengapresiasi seni lokal, dan mengekspresikan nilai-nilai kemerdekaan secara kreatif. Refleksi dari peserta dan mitra menunjukkan bahwa kegiatan ini memiliki dampak positif dalam membentuk rasa percaya diri, kerja sama, dan kecintaan terhadap budaya lokal. Kegiatan ini menjadi bentuk alternatif edukasi karakter berbasis budaya yang dapat direplikasi di komunitas lain secara kontekstual.

Keywords


Pendidikan karakter; Literasi budaya; Nilai-nilai Nasionalisme; Kreativitas

Full Text:

PDF

References


Ariesta, F. W., & Anggraeni, A. (2023). The development of MOPAN educational game to building the nationalism character for primary school student. AIP Conference Proceedings, 2751, 030001. https://doi.org/10.1063/5.0143057

Ibrahim, F., & Sundawa, D. (2023). Instilling national values through local culture-based character education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 147–154. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.2114

Monigir, N., & Tarusu, D. (2025). Character education and love of the homeland: Integration of national values in the primary school curriculum. Journal of Basic Education Research, 6(2), 268–276. https://doi.org/10.37251/jber.v6i2.1761

Ratnasari, R., Endayani, E., Asmanah, A., & Desrani, A. (2024). The role of character education in shaping the young generation with pancasila character. International Journal of Ulul Albab: Education and Social Review, 1(1), 74–91. https://doi.org/10.70691/ululalbab.v1i1.5

Retno, B., Sahida, D., Tomi, D., Sutrisno, S., Purhanudin, M. V., & Sitopu, J. W. (2023). Pentingnya pendidikan karakter sejak dini dalam dunia pendidikan. Journal on Education, 6(1), 74–81. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2914

Sakti, S. A., Endraswara, S., & Rohman, A. (2024). Revitalizing local wisdom within character education through ethnopedagogy apporach: A case study on a preschool in Yogyakarta. Heliyon, 10(10), e31370. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e31370

Setyowati, E., & Ningrum, M. A. (2020). Urgensi pendidikan karakter dan nasionalisme bagi anak usia dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(2), 97–106. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.2.97-106

Suriaman, S., Sundawa, D., Nurgiansah, T. H., & Insani, N. N. (2024). Analisis perkembangan dan dinamika pendidikan karakter dan budaya bangsa Indonesia: Sebuah upaya pencapaian tujuan pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 15(2). https://doi.org/10.21831/jpka.v15i2.73497




DOI: https://doi.org/10.56842/diyamas.v1i1.626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.