Pelatihan Penguatan Numerasi Anak Sekolah Dasar di Rumah Qur'an Nurul Hikmah Dusun Rangga

Nurwalidainismawati Nurwalidainismawati, Nurlailatun Ramadani, Sri Suryaningsih, Hardyanti Hardyanti

Abstract


Tujuan pengabdian ini dilaksanakan adalah untuk meningkatkan penguatan numerasi pada siswa melalui pelatihan dan pendampingan agar bisa mengaplikasikan proses berhitung serta dapat meningkatkan kemampuan numerasi. Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilaksanakan di Rumah Qur’an Nurul Hikmah dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan di akhiri dengan tes. Adapun tahapan dalam pelaksanaan pengabdian terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasilnya menunjukkan bahwa 65,04% anak yang yang mengenal dan memahami angka dan bilangan, menyebutkan besar bilangan satu dengan bilangan lainnya, membandingkan besarnya nilai dari suatu angka, namun belum lancar dalam melakukan operasi hitung aritmatika kompleks terutama dalam bentuk soal cerita. kesimpulannya kegiatan pelatihan penguatan numerasi menunjukkan masih banyak siswa yang belum paham konsep numerasi dalam bentuk operasi hitung aritmatika sederhana serta dalam bentuk kompleks berbentuk soal cerita, sehingga kegiatan bimbingan perlu dilakukan secara berkelanjutan agar siswa memiliki pemahaman yang baik dalam meningkatkan pemahaman numerasi matematika yang dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari secara kontekstual

Keywords


Penguatan Berhitung, Pembelajaran Matematika, Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Friantini, R. N., Winata, R., Lase, V. M., & Miranda, L. L. (2021). Ugan Hilir Desa Nyiin. JMM (Jurnal …, 5(5), 2–8. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5249%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/5249/3100

Irianti, N. P., Wicaksono, A. A., Kholil, A. Y., & Rozhana, K. M. (2023). Penguatan Literasi Numerasi untuk Siswa Sekolah Dasar di SDN Merjosari 4 Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 3(3), 91–98. https://doi.org/10.31004/abdira.v3i3.350

Juniyanto, A., & Nur Mahmudah, F. (2022). Penguatan Literasi Numerasi Berbasis Program Pembiasaan di SD. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(2), 115–123. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i2.6480

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Literasi Numerasi: Konsep, Pengembangan, dan Praktik di Masyarakat (T. G. L. Masyarakat (ed.)).

Khakima, L. N., Fatimah, S., & Zahra, A. (2021). Seminar Nasional PGMI 2021 Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI / SD memiliki sumber daya manusia yang melimpah , memiliki terencana untuk menciptakan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memil. Semai, 775–792.

Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59

Murtafiah, W., Krisdiana, I., Nur Fitria, R., Puspita Ningrum, P., & Fajar Subeqi, E. (2023). Pendampingan Guru Sekolah Dasar Untuk Penguatan Literasi Numerasi Siswa Melalui Proyek Kolaborasi. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 694–703. https://doi.org/10.51574/patikala.v2i3.722

Nurwalidainismawati. (2022). ANALISIS TIPE KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DI SEKOLAH DASAR. PENDIKDAS: Jurnal Pendidikan Dasar, 03(02), 7–16. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Qzvk2igAAAAJ&citation_for_view=Qzvk2igAAAAJ:W7OEmFMy1HYC

Nurwalidainismawati, & Azra Fauzi. (2024). An Analysıs Of The Applıcatıon Thınk Aloud Protocol Strategy In Identıfyıng Students’ Creatıve Thınkıng Skılls In Elementary Schools. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2421–2430. https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8488

Nurwalidainismawati, & Fauzi, A. (2023). Evaluation of Students ’ Creative Thinking Ability in Solving Fraction Problems in Class V of Elementary School. 8(4).

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385


Refbacks

  • There are currently no refbacks.