PENGARUH BAHASA PENGANTAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI DAERAH MULTIBAHASA

Azra Fauzi, Sri Suryaningsih, Nurwalidainismawati Nurwalidainismawati, Hardyanti Hardyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan tiga bahasa dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar di Kecamatan Lambitu, Kabupaten Bima, yaitu Bahasa Lambitu (bahasa ibu lokal), Bahasa Bima (bahasa daerah umum), dan Bahasa Indonesia (bahasa nasional). Subjek dalam penelitian ini adalah enam guru sekolah dasar yang aktif mengajar matematika pada siswa kelas rendah dan tinggi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara mendalam sebagai instrumen utama pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidaksesuaian bahasa pengantar dengan latar belakang linguistik siswa menghambat pemahaman konsep matematika, terutama ketika istilah-istilah matematis tidak diterjemahkan atau dijelaskan dalam bahasa yang familiar bagi siswa. Para guru mengungkapkan bahwa penggunaan Bahasa Indonesia sebagai satu-satunya bahasa pengantar sering menyebabkan kebingungan, kurangnya keterlibatan siswa, dan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Sebaliknya, ketika guru menggunakan pendekatan yang responsif terhadap bahasa, seperti menjelaskan kembali konsep dalam Bahasa Bima atau Bahasa Lambitu, pemahaman siswa meningkat secara signifikan. Temuan ini mendukung teori bahwa bahasa bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga mediasi kognitif dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, penggunaan bahasa pengantar yang sesuai dengan kondisi sosial-budaya dan linguistik siswa menjadi kunci dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika di daerah multibahasa.


Keywords


Multibahasa, Bahasa Pengantar; Matematika; Pendidikan Dasar; Bahasa Ibu; Pembelajaran Responsif Bahasa.

Full Text:

PDF

References


Al-Sehli, L. J., & Maroof, N. (2020). Language Barriers in Teaching and Understanding Mathematics: Teachers’ and Students’ Perceptions. Journal of Applied Linguistics and Language Research, 7(1), 125–134. www.jallr.com

Alcolea, J. (2021). On Mathematical Language: Characteristics, Semiosis and Indispensability. In Language and Scientific Research (pp. 223–245). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-60537-7_8

Bowden, J. F. (2013). LANGUAGE AND BASIC EDUCATION IN INDONESIA. Linguistik Indonesia, 31(1), 1–13. https://doi.org/10.26499/li.v31i1.1

Bradshaw, I. P. H.-. (2013). Understanding the Language and Literacy Challenges for Students Learning Mathematics and Science. Literacy Information and Computer Education Journal, 4(3), 1193–1199. https://doi.org/10.20533/licej.2040.2589.2013.0158

Connell, M. L. (2024). Developing Mathematical Literacy (pp. 116–134). https://doi.org/10.4018/979-8-3693-0843-1.ch007

Hiltrimartin, C., Afifah, A., Scristia, Pratiwi, W. D., Handrianto, C., & Rahman, M. A. (2024). Analyzing Students’ Thinking in Mathematical Problem Solving Using Vygotskian Sociocultural Theory. Revista de Gestão Social e Ambiental, 18(1), e04802. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n1-105

Hoiriyah, D. (2017). KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 5(01), 94. https://doi.org/10.24952/logaritma.v5i01.1265

Kuzu, T. E. (2023). Language in Mathematics Education: On the epistemic and reconstructivistic side of languaging processes. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 16(1). https://doi.org/10.20414/betajtm.v16i1.474

Martins, L. de P. (2023). Teoria de Vygotsky e suas contribuições para os processos de aprendizagem no ensino da matemática. https://doi.org/10.29327/7332991

Najman, M. T. (2024). O poj?ciach abstrakcyjnych oraz zagro?eniach wynikaj?cych z ich nadu?ywania. J?zyk. Religia. To?samo??., 1(29), 75–89. https://doi.org/10.5604/01.3001.0054.5827

Poncin, A., Rinsveld, A. Van, & Schiltz, C. (2018). L’apprentissage de l’arithmétique chez les individus bilingues. 30(156), 586–595.

Prediger, S., Erath, K., Weinert, H., & Quabeck, K. (2022). Only for Multilingual Students at Risk? Cluster-Randomized Trial on Language-Responsive Mathematics Instruction. Journal for Research in Mathematics Education, 53(4), 255–276. https://doi.org/10.5951/jresematheduc-2020-0193

Safitri, W. S., Sahmin, S., Isnawan, M. G., & Indrawati, I. (2024). Influence of regional languages on presenting and solving local mathematics problems: a systematic literature review. Polyhedron International Journal in Mathematics Education, 2(1), 148–155. https://doi.org/10.59965/pijme.v2i1.88

Saputri, N. Z. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA IBU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Karya Ilmiah Pendidik Dan Praktisi SD&MI (JKIPP), 2(2), 87–96. https://doi.org/10.24260/jkipp.v2i2.1524

Sekuba, P. D., Ngobeni, D. E. ., & Sepeng, P. (2024). The Influence of the Language of Instruction on the Teaching and Learning of Mathematics in Grade 4: The Case Dwaalboom Circuit, South Africa. International Journal of Innovative Research and Development. https://doi.org/10.24940/ijird/2024/v13/i8/JUN24033

Smith, O. S. O. (2017). The Influence of Language on the Teaching and Learning of Mathematics. In Walden Dissertations and Doctoral Studies Walden. Walden University. https://doi.org/10.1007/978-94-011-5224-2_7

Wagner, J., Kuzu, T., Redder, A., & Prediger, S. (2018). Vernetzung von Sprachen und Darstellungen in einer mehrsprachigen Matheförderung - linguistische und mathematikdidaktische Fallanalysen. Fachsprache, 40(1–2), 2–23. https://doi.org/10.24989/fs.v40i1-2.1600

Walker, T., Liyanage, I., Madya, S., & Hidayati, S. (2019). Media of Instruction in Indonesia: Implications for Bi/Multilingual Education (pp. 209–229). https://doi.org/10.1007/978-3-030-14386-2_12




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v6i01.509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.