FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA SD

Yati Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi rendahnya pemahaman konsep matematika pada siswa sekolah dasar di Kecamatan Lambitu. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara mendalam, observasi kelas, dan studi dokumentasi terhadap siswa, guru, serta orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal seperti motivasi belajar yang rendah, kecemasan terhadap matematika, dan ketidaksesuaian gaya belajar siswa berperan besar dalam menghambat pemahaman konsep. Sementara itu, faktor eksternal yang memengaruhi meliputi kurangnya variasi metode pembelajaran, minimnya media dan sumber belajar kontekstual, serta rendahnya keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran. Selain itu, rendahnya kompetensi guru dalam menggunakan pendekatan pembelajaran inovatif juga ditemukan sebagai penghambat pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Temuan ini selaras dengan data nasional, seperti hasil Asesmen Nasional dan studi literatur yang menunjukkan bahwa literasi numerasi siswa Indonesia masih berada di bawah rata-rata. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan dalam strategi pembelajaran, peningkatan kompetensi guru, penggunaan media kontekstual, dan penguatan kolaborasi antara sekolah dan orang tua. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman yang lebih mendalam mengenai tantangan dalam pembelajaran matematika dan pentingnya pendekatan holistik dalam mengatasinya.


Keywords


Konsep Matematika; Siswa Sekolah Dasar; Motivasi Belajar; Metode Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Ampadu, E., & Anokye-Poku, D. (2022). Influence of Personal, Motivational and Learning Environment Factors on Students’ Attitudes toward Mathematic. International Journal of Research in Education and Science, 8(2), 378–392. https://doi.org/10.46328/ijres.2666

Caesarani, S., Nasrullah, A., & Mubarika, M. P. (2022). Pengaruh Ketahanmalangan dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Pelajaran Matematika. PRISMA, 11(2), 515. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2498

Jannah, G. F., Robicha, N., Syarifah, K. I., & Rasilah, R. (2024). Introduction To Basic Mathematical Concepts Through Learning Media. Journal of Mathematics Instruction, Social Research and Opinion, 4(1), 45–58. https://doi.org/10.58421/misro.v4i1.290

Knaus, M. (2017). Supporting Early Mathematics Learning in Early Childhood Settings. Australasian Journal of Early Childhood, 42(3), 4–13. https://doi.org/10.23965/AJEC.42.3.01

Lin, C. (2023). Mathematics Learning and Intellectual Development of Elementary School Students. In Intellectual Development and Mathematics Learning (pp. 195–232). Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-19-8757-1_8

Mahardiyanti, T. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 250–258. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.537

Meylani, R. (2024). Mathematical Thinking and Learning in Early Childhood: A Consolidated Qualitative Synthesis of Cutting-Edge Research Literature. Journal of Qualitative Research in Education, 40, 82–127. https://doi.org/10.14689/enad.40.1966

Naharin, S., Mubarok, H., & Anggraini, D. M. (2023). Improving Understanding of Mathematical Concepts through Direct Learning Models for Elementary School Students. Syekh Nurjati International Conference on Elementary Education, 1, 216. https://doi.org/10.24235/sicee.v1i0.14677

Ormonoy, T. (2022). The Importance of Solving Math Problems in Elementary School. Indonesian Journal of Education Methods Development, 17(4). https://doi.org/10.21070/ijemd.v20i.628

Safari, S., & Khasanah, K. (2023). Assessment of Student Numeration Literacy Levels Based on the 2021 National Assessment Data Study. RSF Conference Series: Business, Management and Social Sciences, 3(2), 90–98. https://doi.org/10.31098/bmss.v3i2.656

Setiawan, B., Muharani, I. N., Arifin, M. Z., & Ardianto, D. (2024). PROBLEMATIC NUMERICAL LITERACY IN ELEMENTARY SCHOOLS: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. INVENTA, 8(1), 55–65. https://doi.org/10.36456/inventa.8.1.a8724

Tazkiya, F. (2023). THE IMPORTANCE OF MASTERING MATHEMATICAL CONCEPTS IN SOLVING MATHEMATICAL PROBLEMS IN ELEMENTARY SCHOOLS. EZRA SCIENCE BULLETIN, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.58526/ez-sci-bin.v1i1.3

Travero, A. S., & Japos, G. V. (2024). Affective Determinants of Mathematics Learning: A Literature Review. Basic and Applied Education Research Journal, 5(2), 68–77. https://doi.org/10.11594/baerj.05.02.02




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v6i01.507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.