ANALISIS KETERBATASAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterbatasan media pembelajaran terhadap kesulitan belajar matematika pada siswa kelas IV dan V di SDN Teta. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket yang melibatkan 35 siswa sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbatasan media pembelajaran berhubungan erat dengan kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep matematika, terutama yang bersifat abstrak dan membutuhkan visualisasi. Selain itu, faktor internal seperti motivasi belajar dan kemampuan kognitif juga mempengaruhi tingkat kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai pentingnya pemanfaatan media pembelajaran yang lebih beragam dan interaktif untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, W. N. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal on Education, 6(4), 21699–21705. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6105
Alisnaini, A. F., Pribadi, C. A., Khoironi, D. R., Ibrohim, M., Azilla, M. D., & Hikmah, N. (2023). Kesulitan Belajar Siswa dan Penanganannya pada Pembelajaran Matematika SD. ALSYS, 3(1), 10–20. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.743
Amanda, F., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Berbagai Faktor. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 282–293. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2652
Ardyan, N. R. (2024). The Role of Digital Technology in Mathematics Learning and its Impact on Learning Concepts. Aksioma Education Journal, 1(4), 22–30. https://doi.org/10.62872/94nb5c80
Darwina, D., Waspodo, M., Herawati, H., & Nurhayati, N. (2022). Requirements Analysis of Media Development Interactive Multimedia-Based Learning on Three Dimensional Geometry Materials. International Journal on Engineering, Science and Technology, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.46328/ijonest.116
Rahma, F. I., Sutadji, E., & Aynin, A. (2023). Urgensi Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Minat Siswa Belajar Matematika / The Urgency of Learning Media in Mathematics Learning in View of Students’ Interest in Learning Mathematics. Journal AL-MUDARRIS, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v6i1.1259
Ralston, J. (2004). ICT, learning and primary mathematics. Education 3-13, 32(2), 60–64. https://doi.org/10.1080/03004270485200231
Salsabila, A., Hasanah, R. U., Sitepu, D. F. S. B., & Hasanah, S. Z. H. (2024). Studi Literatur Review: Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(3), 19–27. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.777
Sitanggang, A. K., Alsika, Y., Arninda, M., & Ulina, T. (2024). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN KARTON, ORIGAMI DAN BENANG PADA MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK DI SD. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 14(2 JUNI), 207. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v14i2.59999
Suharna, H., Kadir, A., & Abdullah, N. H. (2018). The results of prototype test media of mathematical electronic reflective book in mathematics learning. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(10), 81–86.
Sun, J. (2024). The Causes and Strategies of Helping the Mathematics Students in Primary School. Journal of Education and Educational Research, 7(3), 155–158. https://doi.org/10.54097/b8e6bv25
DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v6i01.506
Refbacks
- There are currently no refbacks.