PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM MATERI FUNGSI POLINOMIAL PADA MAHASISWA
Abstract
Artikel penelitian ini mendeskripsikan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan model pembelajaran Students Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi fungsi polinomial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualititatif deskriptif. Penelitian ini mengambil mahasiswa Pendidikan matematika Universitas Negeri Malang pada semester 1 di tahun 2019-2020 sebagai subjek. Terdapat tiga kegiatan dalam pembelajaran ini kegiatan yaitu: 1) pendahuluan, 2) inti, dan 3) penutup. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD digunakan dalam kegiatan inti, langkah-langkah pembelajarannya meliputi: pertama, penyajian materi; kedua, kegiatan kelompok; ketiga, penghargaan kelompok; dan terakhir, tes individu. Hasil penelitian ini menunjukkan tercapainya tujuan dari pemilihan model pembelajaran STAD, yang dapat dilihat dari kegiatan atau interaksi yang dilakukan antar sesama mahasiswa maupun mahasiswa dengan dosen selama proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remadja Rosdakarya
Isjoni. (2014). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Lie, A. (2002) Cooperative Learning Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Muslimin, dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Press.
Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Subanji. (2013). Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Slavin, R.E. (2008). Educational Psychology Theory and Practice. Terjemahan Samosir, M. Jakarta: PT Indeks.
Tsay, M. & Brady, M. (2010). A Case Study of Cooperative Learning and Communication Pedagogy : Does Working In Teams Make A Difference?. Journal of the Scolarship of Teaching and Learning, 10(2): 78-79.
Uno, H. (2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Zin, N. A. M., Zaman, H. B., & Noah, S. A. M. (2009). Penilaian Perisian Kursus Adaptif Multimedia (A-Maths) Berasaskan Stail Pembelajaran. Jurnal Teknologi Maklumat dan Multimedia, 5, 61–78.
DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v2i01.47
Refbacks
- There are currently no refbacks.