Analisis Manajemen Tenaga Kependidikan di SMPN 1 Bolo
Abstract
Manajemen tenaga kependidikan adalah kegiatan mengelola personal pendidikan dalam melaksanakan tugas-tugas sesuai fungsinya agar berjalan dengan efektif. Terutama dalam mengembangkan tenaga kependidikan agar memenuhi standar kompetensi tenaga kependidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Manajemen tenaga pendidik bertujuan untuk menciptakan pendidik berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan dengan tugas khusus sebagai pendidik. SMPN 1 BOLO merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berkembang dengan baik, salah satu yang menjadi faktor pendukung adalah manajemen tenaga pendidik. Hal tersebut dibuktikan dengan gurunya yang sudah rata-rata S1, sekolah yang sudah berakreditasi A, dan banyaknya minat orang tua yang mempercayakan anaknya untuk masuk di SMPN 1 BOLO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen tenaga kependidikan di SMPN 1 BOLO. Perekrutan dan penempatan tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Danim, Sudarman. 2002. Menjadi Penelti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Mukholis. 2018. Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Siwuluh. Jurnal Kependidikan, 6 (2) 233 – 248.
Murni. 2017. Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan. Jurnal Intelektualita, 5 (2) 27 – 41.
Nurlindah, DKK. 2020. Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal IDARAH, 4 (1) 41 – 51.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Usman, Husaini, (2014), Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Zazin, Nur. 2018. Dasar-dasar manajemen pendidikan islam. Malang: Ar-Ruz Media.
DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v4i01.178
Refbacks
- There are currently no refbacks.