PENDIDIKAN MATEMATIKA: URGENSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER MANDIRI

Syndi Fadillah Lusita, Nur Hasanah

Abstract


Dalam Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang sangat penting karna diajarkan dari tingkat jenjang sekolah  rendah sampai jenjang tinggi.  Dalam menyelesaikan permasalahan tentang soal matematika diperlukan karakter mandiri dan berpikir kritis dalam menemukan solusinya. Untuk melaksanakan pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter dan untuk mengembangkan nilai-nilai dalam pendidikan karakter dengan cara merancang pembelajaran, penyusunan dan pemilihan latihan yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan urgensi berpikir kritis dan karakter mandiri siswa. Penelitian menggunakan kajian pustaka yang berisi kajian-kajian ilmiah yang relevan terhadap masalah yang dikaji penulis. Di dalam kajian ini diambil karya ilmiah yang melakukan penelitian survey di SMA N 7 Bekasi Semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil penelitian didapatkan dari survey tersebut adalah diperoleh kemandirian dalam pembelajaran matematika berpengaruh terhadap cara berpikir kritis para siswa. Dan kemampuan kemandirian belajar tidak langsung datang begitu saja melainkan melatih kebiasaan secara mandiri dengan baik, maka dari itu sangat perlu ditanamkan sikap mandiri oleh siswa agar memperoleh hasil yang baik.

Keywords


Pendidikan matematika, berpikir kritis, karakter mandiri

Full Text:

PDF

References


Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Makhmudah, S. (2018). Analisis Literasi Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika dan Pendidikan Karakter Mandiri. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 318–325.

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika 2019, 1214–1223. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Rezi Ariawan, H. N. (2017). 228883488. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1, 82–91.

Siagian, R. E. F., Marliani, N., & Lubis, E. M. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1798–1805. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1597




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v4i01.127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.