Pemecahan Masalah Matematika Ill Structured: Kasus Perbandingan Trigonometri Sudut Istimewa Berdasarkan Teori APOS
Abstract
Penelitian yang dilakukan adalah penelitiam kualitatif dengan menggunakan bentuk penelitian studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemecahan masalah matematika ill structured: kasus perbandingan trigonometri sudut istimewa berdasarkan teori APOS. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas X IIS 3 SMA Negeri 2 Woha dengan pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling yaitu berdasarkan tingkat kemampuan matematika, komunikasi siswa dan rekomendasi dari guru. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen soal essay dan instrumen wawancara yang berisi pemecahan masalah matematika ill structured: kasus perbandingan trigonometri sudut istimewa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemecahan masalah matematika ill structured: kasus perbandingan trigonometri sudut istimewa berdasarkan teori APOS yang dilakukan subjek RNY sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Af-Idah, Nurlaila Z & Suhendar, Uki. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa berdasarkan Teori APOS saat diterapkan Program Belajar dari Rumah. Jurnal Edupedia Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 4(2): 103-112
Anam, Muhammad Khoirul., et al. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Objeck, Schema) ditinjau dari Tipe Kepribadian Florence Littauer. Dosen Pendidikan Universitas Jember.
Clark, J. M et al. 1997. Constructing a Schema: The Case of The Chain Rule. Journal of Mathematical Behaviour, 16(4).
Creswell, John W. 2012. Educational research : planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. 4th ed. Pearson Education, Inc. United States of America.
Ginanjar, Ani Yanti. 2019. Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(01): 121-129.
Lestari, Karunia E. 2015. Penerapan Model Pembelajaran M-APOS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(1): 45-55.
National Council of Theachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Stkamurds for School Mathematics. Tersedia di www.nctm.org.
Nitko, A. J. 2011. Educational Assessment of Student. Englewood Cliffs. NJ: Merrill Prentice Hall, Inc.
O’Daffer, Phares, dkk. 2008. Mathematics for Elementary School Teacher. Fourth Edition. United States of America: Pearson Education.
Polya, G. 1973. How TO Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. United States of America, New Jersey: Princteon Univercity Press.
Subanji. 2017. Berpikir Matematis dalam Mengonstruksi Konsep Matematika: Sebuah Analisis secara Teoritis dan Praktis. Seminar Nasional Pendidikan Matematika: Universitas Negeri Malang
DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v3i01.107
Refbacks
- There are currently no refbacks.