HUBUNGAN SIKAP SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA BIDANG STUDY EKONOMI KELAS VIII SMPN 1 MADAPANGGA

D. Darusman, A. Arsyad

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, banyak menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data. populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 orang, sedangkan sample pada penelitian ini adalah kelas VIIIc & VIIId. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri dengan perangkat pendukung angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan  product moment dengan tujuan untuk membuktikan adanya hubungan dari kedua variabel tersebut yaitu variabel X sebagai sikap siswa dan variabel Y sebagai prestasi belajar siswa. product moment diperoleh harga koefisien  korelasi atau ro (r hitung) adalah 0.806 sedangkan r-tabel yang diuji pada taraf signifikansi 5%  atau taraf  kepercayaan 95% dan taraf signifikansi 1%  0.449. Ini artinya Ha (hipotesis alternatif)  diterima sedangkan Ho (hipotesis nol) yang  berbunyi ‘ Tidak ada hubungan sikap siswa dengan prestasi belajar pada bidang study ekonomi kelas VIII SMP Negeri 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2016/2017” dinyatakan tidak disetujui atau ditolak.


Keywords


Hubungan Sikap &Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Hamalik,Oemar. (2012). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.

Djamarah (2004). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dewanta. (2010). KTSP Dasar Pemahaman Dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Khabibah, Siti. (2001). Model Pengajara Terbalik (Reciprocal Teaching) Dalam Pembelajaran Metematika Di SMU. Tesis Magister Pendidikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Hasan. (2004). KTSP Dasar Pemahaman Dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik. (2002). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.

Muhibbin (1999). Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Remaja Rosda Karya.

Trianto. (2007). Model-Model Pebelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.