Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Prediction Guide Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris dan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kota Bima

Rohani Rohani

Abstract


tahap, yaitu: rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 25 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Indikator keberhasilan penilitian ini adalah jika nilai prestasi belajar siswa di atas KKM yaitu 70 dan target ketuntasan belajar 85%. Maka berdasarkan hasil analisis data dan pembahasa menunjukkan bahwa peningkatan ketuntasan belajar pada prasiklus yaitu 40%, siklus I yaitu 52% dan siklus I yaitu 88%.  Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I yaitu 70% dan siklus II yaitu 93%. Selain itu, aktivitas guru juga meningkat secara signifikan dari 80% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe Prediction Guide dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa  kelas kelas VIII SMPN 5 Kota Bima Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords


Pembelajaran Aktif, Prediction Guide, Hasil Belajar & Aktivitas

Full Text:

PDF

References


Arikunto & Suharsimi. (2006). metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Arikunto, & Suharsimi. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati Tarigan. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas

Huda, M. (2011). Coopertave Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Irawan, P.S., & Wardani, I.G.A.K. (2015). Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: PAU-PPAI

Ibrahim, M. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.

Jannah, Z. (2010). Pengaruh penggunaan strategi Prediction Guide (tebak pelajaran) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kelas VII Sidayu Gresik (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Lisnawati. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Nana Sudjana & Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru.

Sardiman, A. M. (2009). Developing critical Thinking through the Teaching of History: An Experience in INDONESIA.

Silberman, M. (2009). 101 strategi pembelajaran aktif. Terjemahan oleh Sarjuli, Ammar Adzfar, Sutrisno, dkk. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sudjana, N. (2020). Penelitian dan penilaian pendidikan. Sinar Baru Algensindo.

Suharsimi, A. (2006). metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.




DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v2i1.97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.