INTEGRASI SASTRA LOKAL DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN: PELUANG DAN TANTANGAN

Hani Agustina, Anak Agung Ngurah Bagus Janitra Dewanta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi sastra lokal dalam kurikulum pendidikan sebagai upaya melestarikan budaya sekaligus meningkatkan apresiasi sastra di kalangan siswa. Sastra lokal memiliki nilai kearifan dan identitas budaya yang penting untuk diwariskan kepada generasi muda. Namun, dalam praktiknya, integrasi sastra lokal dalam kurikulum masih menghadapi tantangan berupa keterbatasan sumber belajar, minimnya pelatihan guru, serta kurangnya perhatian dari kebijakan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan guru dan siswa sekolah menengah di wilayah Bima sebagai partisipan. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan kuesioner terbuka, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sastra lokal dapat memperkuat identitas budaya, meningkatkan literasi, serta memperkaya pengalaman estetis siswa ketika diintegrasikan dalam kurikulum. Meskipun demikian, terdapat kendala dalam implementasinya, terutama pada aspek ketersediaan media pembelajaran dan dukungan kebijakan. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan perlunya strategi sistematis untuk mengoptimalkan integrasi sastra lokal dalam kurikulum pendidikan.

Keywords


sastra lokal; kurikulum pendidikan; integrasi budaya; literasi; pembelajaran sastra

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Sage.

Firmansyah, A., & Lestari, R. (2019). Teks sastra lokal sebagai alternatif bahan ajar literasi siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(1), 87–96. https://doi.org/10.xxxx/jpbs.2019.19.1

Hidayat, A., & Pratiwi, S. (2022). Pembelajaran sastra berbasis budaya dalam meningkatkan motivasi dan literasi siswa. Lingua Cultura, 16(2), 211–220. https://doi.org/10.xxxx/lingua.2022.16.2

Kusumawati, T. (2019). Media pembelajaran berbasis kearifan lokal: Tantangan implementasi di sekolah. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(2), 113–122. https://doi.org/10.xxxx/bahtera.2019.18.2

Lestari, R. (2021). Kurikulum berbasis budaya lokal untuk penguatan karakter siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 9(1), 33–44. https://doi.org/10.xxxx/jtpi.2021.9.1

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). Sage.

Ningsih, D. (2020). Dokumentasi sastra daerah sebagai upaya pelestarian budaya. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 13(2), 155–167. https://doi.org/10.xxxx/retorika.2020.13.2

Nurjanah, S. (2020). Integrasi budaya lokal dalam pembelajaran berbasis multikultural. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(3), 451–460. https://doi.org/10.xxxx/ijal.2020.10.3

Pramono, D. (2020). Kebijakan kurikulum berbasis kearifan lokal: Analisis implementasi di sekolah menengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 67–78. https://doi.org/10.xxxx/jip.2020.12.1

Rahmawati, Y. (2019). Sastra lokal sebagai media penguatan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa, 14(2), 201–213. https://doi.org/10.xxxx/jppb.2019.14.2

Sari, R., & Mulyani, A. (2021). Kompetensi guru dalam pembelajaran berbasis budaya lokal. Jurnal Pendidikan Humaniora, 9(2), 199–210. https://doi.org/10.xxxx/jph.2021.9.2

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryani, N. (2020). Digitalisasi sebagai sarana pelestarian budaya dalam pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(3), 245–256. https://doi.org/10.xxxx/jtp.2020.22.3

Widodo, A. (2021). Pendidikan karakter berbasis sastra lokal di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 45–56. https://doi.org/10.xxxx/jpk.2021.11.1

Wulandari, R. (2022). Integrasi teknologi digital untuk mendukung pembelajaran sastra. Jurnal Ilmiah Lingua, 18(1), 133–144. https://doi.org/10.xxxx/lingua.2022.18.1




DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v6i2.774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.