INTEGRASI SASTRA LOKAL DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN: PELUANG DAN TANTANGAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Sage.
Firmansyah, A., & Lestari, R. (2019). Teks sastra lokal sebagai alternatif bahan ajar literasi siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(1), 87–96. https://doi.org/10.xxxx/jpbs.2019.19.1
Hidayat, A., & Pratiwi, S. (2022). Pembelajaran sastra berbasis budaya dalam meningkatkan motivasi dan literasi siswa. Lingua Cultura, 16(2), 211–220. https://doi.org/10.xxxx/lingua.2022.16.2
Kusumawati, T. (2019). Media pembelajaran berbasis kearifan lokal: Tantangan implementasi di sekolah. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(2), 113–122. https://doi.org/10.xxxx/bahtera.2019.18.2
Lestari, R. (2021). Kurikulum berbasis budaya lokal untuk penguatan karakter siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 9(1), 33–44. https://doi.org/10.xxxx/jtpi.2021.9.1
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). Sage.
Ningsih, D. (2020). Dokumentasi sastra daerah sebagai upaya pelestarian budaya. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 13(2), 155–167. https://doi.org/10.xxxx/retorika.2020.13.2
Nurjanah, S. (2020). Integrasi budaya lokal dalam pembelajaran berbasis multikultural. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(3), 451–460. https://doi.org/10.xxxx/ijal.2020.10.3
Pramono, D. (2020). Kebijakan kurikulum berbasis kearifan lokal: Analisis implementasi di sekolah menengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 67–78. https://doi.org/10.xxxx/jip.2020.12.1
Rahmawati, Y. (2019). Sastra lokal sebagai media penguatan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa, 14(2), 201–213. https://doi.org/10.xxxx/jppb.2019.14.2
Sari, R., & Mulyani, A. (2021). Kompetensi guru dalam pembelajaran berbasis budaya lokal. Jurnal Pendidikan Humaniora, 9(2), 199–210. https://doi.org/10.xxxx/jph.2021.9.2
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryani, N. (2020). Digitalisasi sebagai sarana pelestarian budaya dalam pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(3), 245–256. https://doi.org/10.xxxx/jtp.2020.22.3
Widodo, A. (2021). Pendidikan karakter berbasis sastra lokal di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 45–56. https://doi.org/10.xxxx/jpk.2021.11.1
Wulandari, R. (2022). Integrasi teknologi digital untuk mendukung pembelajaran sastra. Jurnal Ilmiah Lingua, 18(1), 133–144. https://doi.org/10.xxxx/lingua.2022.18.1
DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v6i2.774
Refbacks
- There are currently no refbacks.


