PENGUASAAN MATERI KETERAMPILAN MEMBACA MAHASISWA S1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP HARAPAN BIMA

N Nurfidah

Abstract


Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting dikuasai oleh mahasiswa, selain keterampilan menyimak, berbicara, dan menulis. Berdasarkan pengamatan dan pembelajaran keterampilan membaca yang telah dilakukan, permasalahan yang sering muncul dalam keterampilan membaca adalah kurangnya minat, motivasi, dan keseriusan sehingga rendahnya kemampuan untuk menguasai materi keterampilan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguasaan mahasiswa terhadap materi keterampilan membaca. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Harapan Bima. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada semester gasal tahun 2020/2021 yang berjumlah 11 orang. Data yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah berupa fakta di lapangan terkait penguasaan materi yang berfokus pada keterampilan membaca. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi atau hasil pengamatan, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan materi keterampilan membaca termasuk kategori kurang. Hal ini dibuktikan dengan hasil jawaban mahasiswa dalam menjawab esai yang telah ditetapkan hanya empat mahasiswa yang memperoleh nilai dengan kategori sangat baik yaitu jumlah jawaban benar 80%-100%. Tujuh mahasiswa lainnya memperoleh nilai dengan kategori kurang yaitu  jumlah jawaban benar 45%-59%. Berdasarkan hasil analisis data, diharapkan bagi mahasiswa harus bisa memanfaatkan sebaik-baiknya perkualiahan yang telah ditentukan untuk meningkatkan penguasaan dan lebih kreatif dalam mencari referensi selain buku perkuliahan mata kuliah keterampilan membaca.

Keywords


Penguasaan, Materi Keterampilan Membaca

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Nafri Yanti, dkk. 2018. Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Erbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, Vol. II. No. I

Fuzidri, dkk. 2014. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Siswa Kelas VIII 5 Mtsn Kamang Kabupaten Agam. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran . Volume 2 Nomor 3.

Tarigan, H.G. 2018. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.