Pengembangan Media Pembelajaran Monerta (Monopoli Teks Berita) Berbasis Al-Islam Kemuhammadiyahan Siswa Kelas VII
Abstract
Monerta (Monopoli Teks Berita) merupakan media pembelajaran yang memanfaatkan aplikasi canva sebagai tempat mendesain papan, kartu, pion, dan buku panduan Monerta. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana media pembelajaran monopoli bekerja dan seberapa efektif media tersebut diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Reseacrh and Development) dengan model desain ADDIE. Penelitian ini melibatkan subjek atau responden, yaitu peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 22 Pamulang. Hasil penelitian membuktikan bahwa media pembelajaran Monerta berbasis Al-Islam Kemuhammadiyahan efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil validasi media mencapai 96%, validasi materi mencapai 94%, validasi respons peserta didik dalam kelompok kecil mencapai 92%, dan validasi respons peserta didik dalam kelompok besar mencapai 98%. Semua penilaian memasuki kategori sangat baik atau sangat layak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahin, R. & Suwarna. (2024). Analisis Kelayakan Buku Bahasa Jawa Sayaga Bahasa Jawa Kelas XI SMA/MA berdasarkan BSNP. Jurnal Ilmiah, Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah. 12(1).
Alamanda, D. T. (2024). Aplikasi Game Theory dalam Bisnis. Sumedang: CV Megs Press Nusantara.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hermawan. (2023). Nilai-Nilai Profetik Dalam Pembelajaran Aik (Al-Islam Dan Kemuhamadiyahan) Di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan. 24(1), 51.
Kustandi, C & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.
Ilyas, Y. (2017). Kuliah Aqidah Islam. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI).
Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105.
Muhja, Z. A, Shahnaz, L. (2020). Etika Jurnalistik Dalam Perspektif Hukum Islam. Al-Bayan: Journal of Hadith Studies. 3(2), 171.
Okpatrioka, O. (2023). Research and development (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100.
Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: CV. Alfabet.
Sa'adah, R.N & Wahyu (2022). Metode Penelitian R&D (Research and Developmen) Kajian Teoritis dan Aplikatif. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Subastian, E & Kamila, V. Z. (2023). Implementasi Aplikasi Cloud Design untuk Pembelajaran Siswa di SMK Negeri 10 & 18 Samarinda. Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer. 1(2).
Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Syahid, I. M, Istiqomah, N. A, Azwary, K. (2024). Model Addie Dan Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research. 2(5), 259.
Tiara, M. S. W. & Nurhamidah, D. (2023). Monopoli Learning: Efektivitas Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Juni, 18(1), 3.
Wulandari, A. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education. 5(2).
DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v5i02.389
Refbacks
- There are currently no refbacks.