PEMAHAMAN GURU BAHASA INDONESIA TERHADAP KOHESI LEKSIKAL DALAM TEKS CERPEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pemahaman guru bahasa indonesia SMAN 1 Wera di Kabupaten Bima terhadap kohesi leksikal dalam teks cerpen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMA di Kabupaten Bima. Metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode simak dan metode cakap. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa pemahaman guru bahasa Indonesia SMAN 1 Wera di Kabupaten Bima terhadap kohesi leksikal dalam teks cerpen berkategori mampu, karena semua responden mampu mengidentifikasi pemahamannya terkadap kohesi leksikal meliputi repetisi (pengulangan), sinonim (padan kata) / sinonim dekat, hiponim (hubungan atas-bawah), dan antonim (lawan kata) dalam teks cerpen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. (2012). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. diakses melalui https://books.google.co.id
Halliday, M.A.K. dan Ruqaiya Hasan. (1976). Bahasa, Konteks, dan Teks. Yogyakarta: Gadjam Mada Press.
Irwan, Muhammad, 2011. Desertasi : Pemahaman dan Kesadaran Muzakki dalam Pelaksanaan Zakat Infak dan Shadaqah (ZIS) untuk Mencapai Kesejahteraan Umat Islam di Kota Bima Provinsi NTB. Universitas Airlangga Surabaya. diakses pada 16 agustus 2019 melalui http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/518/501
Mahsun. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Depok : PT Rajawali. Pers
Mahsun. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Depok : PT Rajawali. Pers
Mulyana. (2005). Kajian Wacana, Teori, Metode & Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sumarlam, dkk. (2008). Analisis Wacana. Iklan, Lagu, Puisi, Cerpen, Novel, Drama. Surakarta: Eltorros
DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v1i02.27
Refbacks
- There are currently no refbacks.