Discovery Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Aspek Berbicara

Gabriela Rini Woga

Abstract


Masalah pokok yang diangkat dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah rendahnya hasil belajar bahasa Inggris yang dicapai siswa kelas VIII SMP Mater Boni Consili  pada aspek berbicara dalam bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di VIII SMP Mater Boni Consili tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Hasil Penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Hasil pada siklus I nilai rata – rata 79, 2) Ketuntasan Belajar pada siklus I adalah 78%, 3) Hasil pada siklus II nilai rata-rata 79, dan 4) Ketuntasan Belajar pada siklus II adalah 100%. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran bahasa inggrius dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Mater Boni Consili  tahun pelajaran 2021/2022.

Keywords


Discovery, Media Pengajaran, Berbicara.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Dahri, Z. (2006). Manajemen Pengajaran: Secara Manusiawi. Jakarta, Rineka Cipta.

Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita, Y. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi biologi siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5-9.

Mudhofir, M. S. (2010). Kegunaan Media Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar, H. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta. Bumi Aksara.

Suryono, S. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Aspek Berbicara Materi Descriptive Text. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2).

Yudianto, A. (2017). Penerapan video sebagai media pembelajaran. Bandung: Alfabet.

Wibawa, B. (2001). Media Pembelajaran di SD. Jakarta: Widya Guna.

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v3i01.261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.