Kesalahan Bahasa Indonesia dalam Diskusi Mahasiswa Semester I Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Harapan Bima Tahun Akademik 2023/2024

Muhammad Yani

Abstract


Kemampuan berbahasa terutama berbicara harus sesuai dengan konteks dan situasi pada saat berkomuniasi dua arah atau lebih. Pada forum diskusi, penggunaan bahasa baku digunakan dalam menyampaikan pendapat. Penggunaan bahasa baku dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kemampuan kebahasaan sesorang terutama mengenai kata baku, diksi dan pelafalan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan kata tidak baku, kesalahan diksi dan kesalahan lafal dalam diskusi mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Harapan Bima. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan dan menganalisi kesalahan berbahasa Indonesia dalam diskusi mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Harapan Bima. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa semester satu Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Data dalam penelitian ini adalah kesalahan kata tidak baku, diksi dan lafal bahasa diskusi mahasiswa. Pengumpukan data yang dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan catatan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan 67 kesalahan. Adapun jumlah keseluruhan kesalaahan pada masing-masing aspek yang diteliti, yaitu (1) kesalahan kata tidak baku sebanyak 25 kesalahan, (2) kesalahan diksi (pilihan kata) sebanyak 17 kesalahan, (3) kesaalahan lafal sebanyak 25 kesalahan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi pedoman untuk selalu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Keywords


Kesalahan Bahasa Indonesia, Kata Tidak Baku, Diksi dan Lafal.

Full Text:

PDF

References


Ariyana, A., & Anggraini, N. (2021). Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Diskusi Mahasiswa S-1 Prodi Bahasa Inggris FKIP UMT. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 27-33.

BAM, S. A., Setiawan, B., & Saddhono, K. (2018). Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Diskusi Siswa Smanegeri 4 Surakarta: Kajian Dengan Prinsip Kerja Sama Grice Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Keterampilan Berbicara. BASASTRA, 6(1), 281-301.

Finoza, L. (2013). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi.

Johan, G. M. (2018). Kesalahan Fonologis dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Metamorfosa, 6(2), 123-133.

Matanggui, J. H., & Arifin, E. Z. (2014). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia, merubahmengubah, sesuai aturansesuai dengan aturan, mengkoordinasi-mengoordinasi. Tangerang: Pustaka

Tarigan, H. G. (2011). Membaca dalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.

Tiawati, R. L. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Kegiatan Diskusi. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 44-59.




DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v4i02.260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.