Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Word Card

Hamdi Hamdi

Abstract


Penelitian ini tentang meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar bahasa Inggris pada siswa kelas I SMP IT Jamaludin Bagek Nyaka Tahun Akademik 2021/2022. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini adalah analisis persentase. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SMP IT Jamaludin Bagek Nyaka, yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan angket, berdasarkan hasil analisis data skor persentase kepercayaan diri siswa yang dilakukan pada tahap pertama (siklus I) adalah, terdapat 5 siswa mendapat kepercayaan diri tinggi dengan persentase (20,83%), dan ini menunjukkan siswa percaya diri rendah, dibandingkan peneliti melakukan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan skor kepercayaan diri siswa adalah 25 siswa (79,16%). Sehingga para siswa mampu meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar bahasa Inggris. Instrumen kedua dianalisis nilai lembar observasi, diindikasikan bahwa hasil lembar observasi dari kepercayaan diri siswa positif.


Keywords


Percaya diri, Word Card.

Full Text:

PDF

References


Afifah, U. N. (2021). Media Pembelajaran Maharah Istima’Berbasis Video Animasi Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. In International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 5, pp. 181-188).

Basavanna. (2005). Studi Perbandingan Kepercayaan Diri Anak Tunggal dan Anak dengan Saudara Kandung. Amerika Serikat

Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action. Englewood Cliffs, NJ, 1986(23-28).

Benabou dan Tirole. (1999). Percaya diri: strategi intrapersonal. Universitas Princeton. Paris

Costello, P. J. (2011). Effective action research: Developing reflective thinking and practice. Bloomsbury Publishing.

Dalton dan Ghosal. (2014). Percaya diri, terlalu percaya diri, dan testosteron prenatal. Belanda: Universitas Tilbug

Harmer, M. A., & Sun, Q. (2001). Solid acid catalysis using ion-exchange resins. Applied Catalysis A: General, 221(1-2), 45-62.

McPheat, S. (2010). Advanced communication skills. MTD Training & Ventus publishing APS, a free self-study management course, UK.

Pilongo, J. (2021). Penggunaan Working With Words Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Jurnal Imagine, 1(2), 64-69.

Rahim, R. A., & Hamid, H. A. (2022). Mastering English Language Vocabulary in Early Childhood Education with G-ALPHA: WORD CARD: Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggeris dalam Pendidikan Awal Kanak-Kanak dengan G-ALPHA: WORD CARD. Jurnal Pendidikan Awal Kanak-kanak Kebangsaan, 11, 89-102.

Sarastika, P. (2014). Stop Minder dan Grogi. Yogyakarta : Araska.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Kota Bandung. Alfabeta.

Syafitri, A., Yundayani, A., & Kusumajati, W. K. (2019, November). Hubungan antara kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris. In Prosiding Seminar Nasional. Pendidikan STKIP Kusuma Negara.




DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v2i2.229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.