Penggunaan Strategi Scaffolding Reading Experience untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SMPN 1 Tanjung
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari apakah strategi Scaffolding Reading Experience dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dan untuk mengetahui proses dari pengaplikasian dari strategi Scaffolding Reading Experience dalam mengajar membaca. Untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini, terdapat 2 jenis pengumpulan data, diantaranya; quantitatif dan qualitatif. Quantitatif data didapatkan dari hasil pretest dan posttest. Selain itu, qualitatif data didapatkan dari hasil observasi terhadap siswa dan juga guru. Data tersebut kemudian dianalisa menggunakan analisa statistik dan analisa descriptive. Setelah Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan, dapat ditemukan bahwa nilai rata-rata dari pretest 30,58 dan posttest 74,44, hal tersebut meningkat 43,85. Selain itu, berdasarkan hasil observasi, ditemukan bahwa peninkatan presentase di setiap pertemuan adalah dari 31% sampai 97%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa siswa menjadi lebih aktif, tertarik dan senang dalam proses pembelajaran membaca di dalam kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, I., & Nindiasari, H. (2022). Efektivitas Pembelajaran Inquiry dengan Strategi Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 27-36.
Elmayantie, C., Norhayati, N., Rudini, R., & Haris, F. (2022). Penerapan Context Clues Untuk Pemahaman Bacaan Pada Mahasiswa Semester II STMIK Palangkaraya. Sebatik, 26(2), 659-665.
Fournier, D. N., & Graves, M. F. (2002). Scaffolding adolescents' comprehension of short stories. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 46(1), 30-39.
Herawati, C., Gani, S. A., & Muslim, A. (2020). The Implementation Of Scaffolding Reading Experience Strategy In Increasing Students’comprehension. Journal of English Teaching and Linguistics, 1(2), 102-113.
Kargar, N. (2015). The Impact Of Content And Languaeg Integrated Learning (CLIL) On Efl Learners'reading Comprehension. Modern Journal of Language Teaching Methods, 5(4), 454..
Liang, L. A., Peterson, C. A., & Graves, M. F. (2005). Investigating two approaches to fostering children's comprehension of literature. Reading Psychology, 26(4-5), 387-400.
Liang, L. A. (2011). Scaffolding Middle School Students' Comprehension and Response to Short Stories. RMLE Online: Research in Middle Level Education, 34(8), 1-16.
Ma’rufah, K. N., Rivan, M., & Alamsyah, G. A. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan membaca menggunakan media flash card. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 523-530.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.
Purnomo, B. H. (2011). Metodedan teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas (classroomaction research). Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8(1), 210251.
Prabandari, C. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Kompetensi Dasar Teknologi Transportasi Menggunakan Metode Pembelajaran PAIRED STORYTELLING dengan Media Audio Visual Siswa Kelas VIII-C SLB Negeri Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi, 24(1).
Ratminingsih, N. M. (2021). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.
Syahid, S. N. L., Maula, L. H., Nurmeta, I. K., Sulastri, A., & Ruslani, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa SD melalui Media Pembelajaran Diorama Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(3), 5181-5192.
Wahid, A., Afni, N., Jumrah, A. M., & Hastati, S. (2021). Pelatihan PTK Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SD Negeri Mamajang II Kota Makassar. Madaniya, 2(1), 87-91.
DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v2i2.228
Refbacks
- There are currently no refbacks.