ReMap RT (Reading Concept Map Reciprocal Teaching) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa

Agustinus Malo Samba

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran REMAP RT dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII dalam pemahaman membaca di SMPN 3 Wewewa Timur. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes siswa, kegiatan siswa, dan guru menggunakan lembar observasi, pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran REMAP RT dapat meningkatkan kompetensi kognitif siswa. Persentase prestasi klasik siswa dalam kompetensi kognitif meningkat dari waktu ke waktu. Pada pra-siklus, persentasenya adalah 46% (tidak cukup), pada siklus I adalah 50% (tidak cukup) dan pada siklus II adalah 92% (sangat baik). Sementara itu, persentase Aktivitas siswa juga meningkat. Pada pra-siklus, persentasenya adalah 52% (cukup), pada siklus I adalah 64% (baik) dan pada siklus II adalah 80% (sangat baik). Dari hasil temuan, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran REMAP RT dapat meningkatkan kompetensi kognitif dan aktivitas siswa di kelas VII SMPN 3 Wewewa Timur

Keywords


ReMap RT Model, Kemampuan Membaca

Full Text:

PDF

References


Arends. (2008). Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). (terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). New York, NY: The McGraw-Hill Campanies, Inc.

Harahap, MH (2018). Penerapan Media Visual Pada Pembelajaran Konstruksi Kayu Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Kursi Siswa Kelas VII di SMK Negeri 2 Panyabungan. Jurnal Handayani PGSD FIP Unimed, 9(2), 120-124.

Jampel, I. N., & Puspita, K. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual. International Journal of Elementary Education, 1(3), 197-205.

Johnson, D, W. (1994). Belajar Bersama dan Sendiri: Pembelajaran Kooperatif, Kompletitif, dan Individualistis. Sebuah Komunikasi Paramount

Kemmis, S. dan McTaggart, R., (eds.) (1988). Perencana penelitian tindakan. Victoria: Deakin University Press.

Lufri.et al. (2010). Strate RT Pembelajaran Biolo RT. Padang: UNP Press.

Lubis, F. A., & Sormin, A. S. (2019). Pengembangan Modul Berorientasi Predict, Observe, Explain (Poe) Pada Materi Virus Terhadap Kognitif Siswa. Jurnal Biolokus. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i2.535

Marlina Alimin. (2020). Peningkatan Kompetensi Berbicara Siswa Kelas V SDN 1 Petobo melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1950

Safitri, E. M., Maulidina, I. F., Zuniari, N. I., Amaliyah, T., Wildan, S., & Supeno, S. (2021). Keterampilan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA Berbasis Laboratorium Alam tentang Biopori. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2472

Sharan, S., & Sharan, Y. (1992). Memperluas pembelajaran kooperatif melalui investigasi kelompok. Universitas Columbia.

Sholihah, M. (2020). … biologi berbasis reading concept map reciprocal teaching dan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir …. SKRIPSI Mahasiswa UM.

Slameto, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Berbasis Riset. Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA.

Wijayanti, W., Herlambang, S., & K, M. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mejayan Kabupaten Madiun. Jurnal Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang.

Zubaidah, S. (2014, Juni). Pemberdayaan keterampilan penemuan dalam scientific approach melalui pembelajaran berbasis remap coople. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 11, No. 1, pp. 1000-1011).




DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v2i2.226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.