Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris nutuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Aspek Berbicara Materi Descriptive Text
Abstract
Masalah pokok yang diangkat dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah rendahnya hasil belajar bahasa Inggris yang dicapai siswa kelas VII SMPN 1 Kayangan pada aspek berbicara dalam bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Kayangan pada kelas VII Semester Genap tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Hasil Penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Hasil pada siklus I nilai rata – rata 79, 2) Ketuntasan Belajar pada siklus I adalah 78%, 3) Hasil pada siklus II nilai rata-rata 79, dan 4) Ketuntasan Belajar pada siklus II adalah 100%. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran bahasa inggris dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Semester Genap SMPN 1 Kayangan tahun pelajaran 2021/2022.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita, Y. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi biologi siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5-9.
Bessy, E. (2016). Penerapan Metoda Pembelajaran Diskusi dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi dengan Materi Pokok Ekosistem dan Komponen Pendukungnya bagi Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 5 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2013/2014. EDUKASI, 14(1).
Fahmi, F. (2021). Standar Proses dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-16.
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402-413.
Noge, M. D. (2018). Penerapan model pembelajaran bilingual preview-review berbasis e-flashcard untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar bahasa Inggris siswa SMP. Journal of Education Technology, 2(1), 13-19.
Hamalik, O. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jkaarta: Bina Aksara.
Lestari, W. (2017). Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).
Purnaningsih, P. (2017). Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 34-41.
Rintaningrum, R. (2015). Bahasa Inggris tidak perlu dihapus dari kurikulum 2013 sekolah dasar. In Proceeding Seminar Nasional ADPISI (Vol. 124, p. 133).
Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121-138.
Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Bandung: Alfabet
Suminar, S. O., & Meilani, R. I. (2016). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap prestasi belajar peserta didik. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 80-89.
Suryono, S. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Aspek Berbicara Materi Descriptive Text. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2).
Susilowati, E. (2022). Penerapan Discovery Learning Model Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(2), 174-182.
DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v3i02.224
Refbacks
- There are currently no refbacks.