Penerapan Model Reading-Concept Map-Group Investigation (ReMap-GI) untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan Siswa

Rita Zubaidah Ganaka

Abstract


Tujuan penelitian  adalah untuk mengetahui model pembelajaran Reading-Concept Map-Group Investigation (ReMap-GI) yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII dalam pemahaman membaca di SMPN 1 Praya Barat. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes siswa, kegiatan siswa dan guru menggunakan lembar observasi, pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ReMap-GI dapat meningkatkan kompetensi kognitif siswa. Persentase prestasi klasik siswa dalam kompetensi kognitif meningkat dari waktu ke waktu. Pada pra-siklus, persentasenya adalah 46% (tidak cukup), pada siklus I adalah 50% (tidak cukup) dan pada siklus II adalah 92% (sangat baik). Sementara itu, persentase Aktivitas siswa juga meningkat. Pada pra-siklus, persentasenya adalah 52% (cukup), pada siklus I adalah 64% (baik) dan pada siklus II adalah 80% (sangat baik).  Dari hasil temuan, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran ReMap-GI dapat meningkatkan kompetensi kognitif dan aktivitas siswa di kelas VII SMPN 1 Praya Barat.


Keywords


Model ReMap-GI, Hasil Belajar Kognitif, Pemahaman Membaca, Aktivitas.

Full Text:

PDF

References


Arends, R. (2008). Learning to teach (edisi ketujuh). Perusahaan bukit mcgraw New york.

Cohen, L., Manion, L., dan Morrison, K. (2007). Metode Penelitian dalam Pendidikan (Edisi ke-6th). New York: Routledge Falmer.

Darmansyah, D. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Pedoman Praktis bagi Guru dan Dosen. Padang: UNP Press.

Dirman, C. J., & Juarsih, C. (2014). Teori belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.

Harahap, M.H (2018). Penerapan media visual dalam pembelajaran konstruksi kayu untuk meningkatkan keterampilan membuat kursi bagi siswa kelas Xi di Smk Negeri 2 Panyabungan. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 9(2), 120-124.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Holubec, E. J. (1994). The new circles of learning: Cooperation in the classroom and school. ASCD.

Kemmis, S. dan McTaggart, R., (eds.) (1988). Perencana penelitian tindakan. Victoria: Deakin University Press.

Lufri, L., Fitri, R., & Yogica, R. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Konsep, Gambar dan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Memahami Konsep dan Berfikir Tingkat Tinggi Pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan: tahun ke 1 dari Rencana 2 Tahun.

Nurhadi, B. Y., & Senduk, A. G. (2004). Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang Pres.

Nursetyasari, A., Sudjiono, S., & Astuti, I. D. (2018). Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Lumajang Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Sains Psikologi, 7(2), 143-147.

Pendrice, S. E., & Suwondo.(2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 20.

Pujiono, S. (2012). Berpikir kritis dalam literasi membaca dan menulis untuk memperkuat identitas bangsa. Prosiding PIBSI XXXIV, 778-783.

Setyoko, S., & Indriaty, I. (2018). Penerapan pembelajaran problem based learning berbasis blended learning terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 157-166.

Setiani, R. E., & Razak, A. (2019). Implementasi Model Reading-Concept Map-Group Investigation (ReMap-GI) dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas X. Jurnal Internasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Progresif, 14(1), 93-102.

Setyanighsih, R. (2013). Bagaimana mengajarkan investigasi kelompok. Universitas Negeri Semarang

Sharan, Y., & Sharan, S. (1992). Expanding cooperative learning through group investigation (Vol. 1234). New York: Teachers College Press.

Simbolon, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi dan Kreativitas serta Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. Jurnal Pendidikan Sekolah Pgsd Fip Unimed, 7(3), 353-362.

Slavin, R. E. (2005). Pembelajaran kooperatif: Teori, Penelitian dan Praktik. Nusa Media.

Suhadi. (2016). Menggali Pemahaman Membaca Literal dan Inferensial pada Siswa Kelas Delapan: Studi Kasus di Kelas Delapan SMP PGRI Karangampel. Cirebon: Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

Zubaidah, S. (2014). Memberdayakan keterampilan penemuan dalam pendekatan ilmiah melalui remap pembelajaran berbasis coople. In Prosiding Konferensi Pendidikan Biologi: Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajaran (Vol. 11, No. 1, hlm. 1000-1011).




DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v4i01.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.