Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Penggunaan Strategi Permainan Papan Bicara untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Falah Nipa
Abstract
Speaking board games merupakan salah satu strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris dalam rangka meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan permainan papan berbicara dalam kelas, guru dapat menerapkan strategi permainan papan berbicara untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris menggunakan permainan papan berbicara. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dengan wawancara mendalam dengan guru dan 4 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan respon positif ketika menggunakan strategi permainan papan berbicara. Dalam menerapkan strategi permainan papan berbicara, guru dan 4 siswa mendapatkan manfaat. Guru memiliki keunggulan dalam meningkatkan kreativitas siswa. Selain itu, para siswa juga mendapatkan manfaat dengan membantu meningkatkan keterampilan berbicara mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brewster, Jean, Gail Ellis and Dennis Girard. (2002). The Primary English Teacher’s Guide. Essex: Pearson Education Limited.
Brown, H. Douglas. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. San Francisco: Longman.
Buchanan, Ben., Carol J. Adams, Susan Kay Allison. (2001). Journey to Gameland: how to make a board game from your favourite children’s book. United States of America: Library of Congress Cataloguing-in-Publication Data.
Burns, Anne. (2010). Doing Action Research English Language Teaching: A Guide for Practitioners. Sydney: Routledge.
Chang, Shelley and Jenny Cogswell, (2008). Using Board Games in the Language ClassroomTESOL.http://www.rtmsd.org/cms/lib/../57/Using_Board_Games_Handout.doc
Lines, T. Caroline. (2005). Practical English Language Teaching to Young Learners. New York: Mc Graw Hill Inc.
Lodico, G. Marguerite., Dean T. Spaulding, Katherine H. Voegtle. (2010). Methods in Educational Research: From Theory to Practice. San Francisco: JosseyBass
Martinez, Flor Alicia., Esther Uso-Juan. (2006). Current Trends in the Development and Teaching of the Four Language Skills (Studies on Language Acquisition). Walter de Gruyter Gmbtl. & Co. KG., p.139
Richards, Jack C. and Theodore Rodgers S. (2008). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v3i01.119
Refbacks
- There are currently no refbacks.