Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Membina Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 2 Madapangga

Syahbuddin Syahbuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran kepala sekolah, kendala dan solusi dalam meningkatkan kompetansi pedadogik guru di SMA Negeri 2 Madapangga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan tiga teknik utama yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Sedangkan teknik analisa data menggunakan anlisa data model interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peranan kepala SMA Negeri sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetansi pedadogik guru di SMA Negeri 2 Madapangga dilaksanakan dengan beberapa strategi yaitu pendidikan dan pelatihan, pertemuan pribadi, MGMP, dan pertemuan internal. Sedangkan teknik pelaksanaanya dengan melakukan supervisi berupa kunjungan kelas. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya disiplin guru mengikuti kegitan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) maupun pertemuan internal. Kendala lainnya adalah sebagian guru di SMA Negeri 1 Madapangga belum menguasai IT sehingga kurang mampu mengembangkan kompetensi pedagogiknya. Solusi yang diambil kepala sekolah adalah dengan melakukan pertemuan pribadi antara guru dengan kepala sekolah. Kegiatan ini untuk membahas permasalahan-permasalahan yang dihadapi guru dalam kegiatan belajar mengajar. Sedangkan untuk menambah penguasaan guru terhadap IT dilakukan pelatihan seperti penerapan strategi, media pembelajaran maupun penilaian.


Keywords


Peran, kepala sekolah, supervisor, pedagogik.

Full Text:

PDF

References


Aedi, Nur. (2014). Pengawsan Pendidikan: Tinjauan Teoritik dan Praktik, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Budiana, dkk. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran bagi para Guru SMPN 2 Kawali desa Citeureup kabupaten Ciamis. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat Vol. 4, No. 1, Mei 2015: 59-62. ISSN 1410-5675. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

Djam’an dan Aan Komariah. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabet.

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. (2007). Srategi Belajar Mengajar, Bandung : Refika Aditama.

Kadarisman Jamin. (2020). Pelaksanaan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran Di SD Negeri 20 SKPG SP 1 Emparu. SD Negeri 20 SKPG SP 1 Emparu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 2, August 2020.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M. Ngalim. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sahertian, Piet A. (2010). Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya manusia. Jakarta. Rineka Cipta.

Sahertian, Piet A. (2010). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sanusi, Anwar. (2013) Metodologi Penelitian Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.

Slameto. (2015). Metode Penelitian dan Inovasi pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Soetjipto dan Raflis Kosasi. (2009). Profesi Keguruan, Rineka Cipta. Jakarta: Rineke Cipta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, H.B., 2006, Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian, Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Yahya, Murip. (2013). Profesi Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Yuliandhini. (2013). Masalah-Masalah Supervisi. Link: http://yuliandhini.blogspot.com/2012/06/masalah-masalahsupervisi- klinis.html. di aksep pada 20 Nov 2021




DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v3i01.118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.