Perilaku Alih Kode Warganet dalam Kolom Komentar Iklan Kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo Bertajuk “2 Musim, 65 Bendungan”

A. Haris, Nurul Istiqomah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku alih kode warganet dalam kolom komentar iklan pemerintahan Presiden Joko Widodo berjudul “2 Musim, 65 Bendungan”. Penelitian ini berjenis kualitatif dan menggunakan pendekatan sosiolinguistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data penelitian ini berasal dari iklan kinerja yang diterbitkan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo di Youtobe dengan judul “2 Musim, 65 Bendungan”. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa frasa dan kalimat dari kolom komentar warganet. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi. Sementara teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Adapun hasil penlitian ini yaitu bentuk-bentuk alih kode yang dilakukan warganet dalam kolom komentar kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo berjudul “2 Musim, 65 Bendungan” adalah berhubungan dengan alih kode metafora, alih kode conversational, alih kode situasional, alih kode permanen, alih kode eksternal, dan alih kode internal.


Keywords


Alih Kode, Warganet, Iklan

Full Text:

PDF

References


Amri, Yusni Khairul. (2019). Alih Kode dan Campur Kode pada Media Sosial, Prosiding Seminar Nasional PBSI II, 149-150.

Andriani, Vivi, dkk. (2021). Analisis Alih Kode dan Campur Kode Ujaran Dokter dengan Pasien di Klinik Kecantikan Dokter Rotsa, Leksis, 1 (1), 48.

Apple, Rene, dkk. (1976). Sosiolingusitk. Utrecht/Antwerpen. Het Spectrum.

Bolinger, D. (1975). Aspect of Lenguage. New York Hott, Rinehardt.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2010). Sioloinguistik Perkenalan Awal. Rineka Cipta: Jakarta. Halaman 107.

Detiknews. 20 September, 2018. Kominfo: Iklan 'Bendungan Jokowi' di Bioskop Bukan Kampanye, hlm. 1.

Ekawati, Mursia. (2017). Kesantunan Semu pada Tindak Tutur Ekspresif Marah dalam Bahasa Indonesia, Jurnal Adabiyyāt, 1 (1), 2.

Fauziyah, Ayu, dkk. (2019). Fenomena Alih Kode dan Campur Kode dalam Angkutan Umum (Elf) Jurusan Sindang Terminal_Harjamukti Cirebon, Sebasa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (2), 79.

Gunawan, Fahmi. (2013). Wujud Kesantunan Berbahasa Mahasiswa terhadap Dosen di STAIN Kendari: Kajian Sosiopragmatik, Jurnal Arbitrer, 1 (1), 8.

Guperz, John. J. (1972). ‘Tipes of Linguistic Communities’ dalam Fishman Reading in Sociology of Language, Paris: Mouton.

Haris, A, dkk. (2020). Ketidaksantunan Berbahasa Warganet dalam Kolom Komentar Iklan Kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo Bertajuk “2 Musim, 65 Bendungan”, JISIP, 4 (4), 421-422.

Irrohman, Arju Taufiq dan Fathur Rokhman. (2021). Alih Kode dan Campur Kode dalam Ceramah Habib Al-Muthohhar, Jurnal Sastra Indonesia, 10 (1), 54-55.

Kominfo: Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. Diakses 13 September 2020, dari Website Kemenkominfo: https://kominfo.go.id/index.php/content/detail.

Marwan, Iwan. (2016). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pemerolehan Bahasa Anak, Universum, 10 (2), 191.

Mustikawati, Diyah Atiek. (2015). Alih Kode dan Campur Kode antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa melalui Studi Sosiolinguistik), Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (2), 23.

Ningrum, Fitria. (2019). Alih Kode dan Campur Kode dalam Postingan di Akun Instagram Yowessorry, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8 (2), 119.

Ninsi, Riska Ayu dan Rizqi Azhari Rahim. (2020). Alih Kode dan Campur Kode pada Peristiwa Tutur Guru dan Siswa Kelas X SMA Insan Cendekia Syech Yusuf, Ideomatik, 3 (1), 35.

Pateda, Mansoer. (1987). Sosiolinguistik. Angkasa: Bandung.

Simatupang, Ruth Remilani, dkk. (2018). Alih Kode dan Campur Kode Tuturan di Lingkungan Pendidikan, Lingtera, 5 (1), 3.

Srihartatik, Atik dan Sri Mulyani. (2017). Alih Kode dan Campur Kode Masyarakat Tutur di Pasar Tradisional Plered Cirebon, Jurnal Literasi, 1 (2), 33.

Suardi, I Nengah.2015. Sosiolinguistik. Jakarta: Graha Ilmu Fuandi.

Tribunnews. 12 September, 2018. Soal ‘Iklan Jokowi’ di Bioskop, Fadli Zon: Jelas Mubazir, hlm. 1.

Ulfiyani, Siti. (2014). Alih kode dan Campur Kode dalam Tuturan Masyarakat Bumiayu, Culture, 1 (1), 92.

Wahyudin, Ahmad. (2013). Menyikapi Ketidaksantunan Bahasa di Media Massa Cetak, Prosiding Seminar Nasional (Hlm.310). Surakarta, Indonesia: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta




DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v3i01.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.